Halaman Depan:

Judul

Ditulis dengan beberapa kata penting dengan hati-hati, benar, bagus, menarik, dan terorganisir dengan baik, dan koheren. Judul harus ditulis dengan huruf besar (12pt). Jumlah kata dalam judul tidak boleh lebih dari 15 kata.

Penulis

berisi nama (tanpa judul), institusi / perusahaan tempat penulis bekerja, alamat (faks / telepon, email atau kode pos), dan menyertakan detail kontak untuk korespondensi dengan penulis (10pt).

Abstrak

berisi deskripsi singkat tentang alasan penelitian, pendekatan atau metode yang digunakan, hasil penting dan implikasi kebijakan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Sebisa mungkin jangan memasukkan rumus dan referensi. Abstrak tidak boleh lebih dari 200 kata dengan menggunakan spasi tunggal, huruf Times New Roman, ukuran 10pt (italic), dan mudah dipahami oleh semua pihak. Harus ada maksimum lima kata kunci yang mencerminkan isi artikel.

Isi Halaman:

Artikel harus minimal 10 halaman dan maksimum 12 halaman. Artikel harus diketik dalam format rich text (.rtf) / Microsoft Word (.doc), ukuran A4 (21 x 29,7 cm), spasi 1 cm menggunakan Times New Roman 11 pt, kecuali untuk judul bagian, yaitu 12 pt (modal) dan 10 pt untuk tabel, margin kiri 4 cm, margin kanan 3 cm, margin atas 3 cm, dan margin bawah 3 cm. Artikel ini terdiri dari beberapa bab secara terpisah dan tidak menggunakan enkode baik judul atau subtitle. Sub-babnya terdiri dari:

Pendahuluan

menguraikan argumen mengapa artikel yang diserahkan mengandung penelitian yang menarik dan mengapa hal itu penting dilakukan. Untuk menjawab itu, pendahuluan harus berisi latar belakang, keadaan seni dari penelitian yang sebelumnya dilakukan dalam topik yang sama dan analisis kesenjangan untuk menunjukkan di mana kontribusi penelitian dibuat untuk pengembangan wacana topik (kebaruan). Bagian Pendahuluan menyimpulkan tujuan dari penelitian yang ingin dicapai. Seluruh pengantar harus disajikan secara langsung dan ringkas dengan porsi tidak lebih dari 20 persen dari total halaman.

Metode

termasuk

  1. jenis dan sumber data yang menggambarkan teknik pengumpulan data dan informasi, dan
  2. metode analisis data (contoh: berisi teknik pengambilan data (sampel) dan analisis data yang digunakan serta berisi kerangka penelitian dalam bentuk dari diagram alur penelitian). Keseluruhan metode harus disajikan secara langsung dan ringkas dengan setidaknya 20 persen dari total halaman.
Hasil

terdiri dari dua bagian utama dari hasil dan diskusi tanpa harus memisahkan antara bagian-bagian. Pembagian sub-bagian dalam Hasil dan Diskusi harus menggambarkan dan mengikuti urutan tujuan penelitian. Hasilnya menyajikan temuan empiris dari penelitian yang dilakukan, sedangkan diskusi membahas temuan yang diperoleh. Diskusi temuan tidak hanya menyajikan cerita di balik data tetapi juga membandingkan hasil yang diperoleh dengan penelitian sebelumnya. Perbandingan dengan hasil penelitian lain juga berfungsi untuk menunjukkan posisi penelitian yang dilakukan di tengah-tengah wacana topik yang relevan. Pada bagian akhir, implikasi manajerial dari hasil dan diskusi harus disajikan, terutama untuk dunia bisnis. Keseluruhan Hasil dan Diskusi harus disajikan secara langsung dan ringkas dengan setidaknya 50 persen dari total halaman.

Kesimpulan dan Rekomendasi

kesimpulan harus dalam bentuk respon dari tujuan yang dimaksudkan dan tidak dimaksudkan sebagai ringkasan hasil. Saran adalah dalam bentuk tindak lanjut (implikasi) yang harus dilakukan sehubungan dengan temuan atau kesimpulan dari penulis. Kesimpulan dan rekomendasi keseluruhan harus disajikan secara langsung dan ringkas dengan setidaknya 10 persen dari total halaman.

Ucapan terima kasih (opsional)

berisi ucapan terima kasih kepada mereka yang berhak (donatur / sponsor), kontributor materi, dan fasilitas penelitian.

Referensi

referensi yang digunakan tercantum dalam urutan abjad oleh nama penulis dengan format bibliografi yang biasa. Referensi yang digunakan harus dalam 10 tahun terakhir dengan referensi jurnal 80%. Periksa setiap referensi terhadap sumber asli (nama penulis, volume, masalah, tahun, DOI Number). Silakan gunakan Aplikasi Referensi Manajer seperti EndNote, Mendeley, Zotero, dll. Gunakan artikel lain yang dipublikasikan dalam jurnal yang sama dengan model. Snap harus menyesuaikan model referensi Harvard. Contoh referensi adalah sebagai berikut:

  • Journal
    Novianti T, Hendratno EH. 2008. Analisis penawaran ekspor karet alam Indonesia ke negara Cina. Jurnal Manajemen & Agribisnis 5(1):40–51.
    Rindayati W, Hutagaol MP, Siregar H. 2007. Dampak desentralisasi fiskal terhadap kinerja fiskal daerah dan ketahanan pangan di wilayah provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen dan Agribisnis 4(2):103–117.
    Wilkinson MJ et al. 2000. A direct regional scale estimate of transgene movement from genetically modified oilseed rape to its wild progenitions. Mol Ecol 9:983–991.
  • Book
    Daryanto A. 2009. Dinamika Daya Saing Industri Peternakan. Bogor: IPB Press.
    Saragih B. 1998. Agribisnis Berbasis Peternakan. Frans BM, editor. Bogor: Pusat Studi Pembangunan LP-IPB.
    [Depdikbud] Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.
  • Proceeding
    Wery, Sudirman LMI, Gunawan AW. 1994. Pertumbuhan dan Perkembangan Schizophyllum Commune In Vitro Dan In Vivo. Di dalam: Peranan Mikrobiologi dalam Industri Pangan. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan; Bogor, 20 Agu 1994. Bogor: Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia Cabang Bogor. hlm 170-177.
  • Thesis, Dissertation
    Astriani A. 2003. Fungsi biaya dalam usaha perbenihan ikan mas: kasus Kabupaten Bandung [tesis]. Bogor: Sekolah Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.
  • Internet
    Fauzi. 2003. Kelembagaan yang handal dalam pengembangan agroindustri di Bogor. http://www.beritaiptek.com. [23 November 2008].
  • Newspaper
    Khomsan A. 2008 Apr 11. Hilangnya identitas gizi dalam pembangunan. Kompas, Rubrik Opini:4 (kolom 3–7).
Format Angka dan Tabel

Jumlah dan judul gambar harus ditulis di bawah gambar, sedangkan nomor dan judul tabel harus ditulis di atas tabel. Disarankan bahwa tabel dan grafik tidak dalam bentuk gambar (gambar). Coba buat tabel dan grafik di Microsoft Office Excel dan Microsoft Office Word. Desimal ditunjukkan oleh titik dan bukan koma (misalnya 10,5 cm, bukan 10,5 cm); jumlah ribuan / jutaan ditunjukkan dengan koma, bukan titik (misalnya Rp10.500, bukan USD 10.500); Jumlah besar dapat diganti dengan kata judul (misalnya 2 juta, bukan 2.000.000).

Format Model Matematika

Untuk kenyamanan dalam membaca jurnal, disarankan untuk membatasi jumlah model matematika yang ditulis dalam artikel, untuk kasus penggunaan luas model matematika, letakkan di apendiks (lampiran). Dianjurkan untuk menggunakan Microsoft Equation Models untuk persamaan dan simbol matematika. Satuan ukuran yang disarankan adalah sistem metrik (misalnya, m, m2, liter, dan oC). Kata persen diekspresikan oleh karakter%, ditulis tanpa spasi dari nomor sebelumnya (misalnya 10%).